4 Penyebab Hidung Pengar yang Harus Diketahui

hidung pengar

Hidung pengar menjadi salah satu masalah yang saat ini banyak dialami oleh masyarakat. Keadaan musim yang berganti dari musim panas menjadi musim hujan atau sebaliknya menjadikan anda rentan terhadap kuman dan juga virus yang dapat mengganggu kekebalan tubuh anda.

Selain disebabkan oleh pergantian musim, hidung pengar juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya. Agar anda tidak mengalami hidung pengar dalam waktu yang berkepanjangan, alangkah baiknya jika anda menyimak beberapa penyebab hidung pengar berikut ini.

Mengenal Penyebab Hidung Pengar

1. Debu

Penyebab hidung pengar yang pertama ialah karena debu. Berbagai macam aktifitas luar ruangan tentunya tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk menghirup udara yang tidak sehat. Debu yang berterbangan secara tidak langsung akan terhirup saat anda sedang bernafas, sehingga dapat membuat saluran pernafasan anda kotor dan terganggu.

2. Hidung Kering

Perlu anda ketahui, bahwa penyebab hidung terasa pengar ialah keadaan rongga hidung yang kering. Anda sangat dianjurkan untuk sesekali membersihkan rongga hidung anda saat cuci muka atau saat berwudhu. Ini bertujuan untuk membasahi dan juga membersihkan rongga hidung agar tidak kotor dan tetap lembab.

3. Kurang Sinar Matahari

Daerah yang lembab misalnya terlalu sering menghabiskan waktu di dalam kamar juga menjadi pemicu hidung pengar. Anda dapat mengatasinya dengan berjemur di bawah sinar matahari yang hangat dan tentunya menyehatkan.

baca juga : Berikut Daftar Tempat Wisata di Bali Yang Wajib Dikunjungi

4. Aktivitas Berlebih

Anda juga harus tahu, bahwa tubuh anda juga memiliki batas kemampuan dalam melakukan sesuatu. Jika aktivitas yang anda lakukan terlalu memforsir diri tentunya anda juga harus menyediakan waktu untuk beristirahat. Aktivitas yang berlebih ini dapat menjadi penyebab hidung pengar.

Bermacam-macam penyebab hidung pengar di atas dapat anda atasi tentunya dengan menerapkan pola hidup sehat. Minum air putih yang cukup, rajin berolahraga, dan tentunya beristirahat yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *